Think Progresive Web Apps




Semakin berkembangnya teknologi khusunya mobile dan bertambahnya penguna aplikasi aplikasi mobile, harus diimbangi dengan pengembangan plafrom yang baik dan memumpuni. Google baru-baru ini mengumumkan sebuah platform Progrsive web Apps atau bisa dipanggil PWA, yakni sebuah situs mobile namun dengan desain aplikasi yang cepat dan UI, Google mengeklaim bahwa dengan PWA dapat meload situs dalam 1 detik saja.




Masing binggung ya tentang Progresive Web Apps, saya juga masih binggung awalnya, tapi setelah baca-baca saya tahu seperti apa sih PWA tuh. Contohin sedikit semisal kamu ingin mendegar musik, main facebook, twiter, membuka wilkipedia dan aplikasi lain kamu ngak usah menginstal aplikasi apk nya kamu cukup buka aja lewat Browser kamu aja.

Dari ilustras gambar diatas sebenernya udah mewakili betapa efisienya mengunakan PWA yang dapat menghemat memori smartphone anda ,dan juga tidak menurunkan efisiensi dan kegunaan aplikasi yang sebenarnya, konsep PWA itu sendiri adalah sebuah web mobile yang didesain seperti aplikasi aslinya namun dengan user experience yang ringan dan lebih simple, contoh situs yang mengunakan Progresive Web Apps antara lain adalah.

  • Jalan tikus yang dapat diakses secara mobile di https://app.jalantikus.com
  • Kompas yang dapat diakses secara mobie di https://app.kompas.com
  • Babe news yang dapat diakses secara mobile di https://app.babe.co.id
Nah sekarang bicara keungulan progresive Web apps nya

  • Kemampuan menyimpan 30-40 halaman artikel pada keadaan offline atau tidak terhubung internet. jadi anda masih bisa membaca artike di kompas tanpa mengunakan internet dengan cara menyimpan cache di browser.
  • Loading lebih ringan dan cepat.
  • Mendukung notifikasi pada layar android.
  • Tampilan yang nyaman dan UI tanpa mengurangi rasa aplikasi.




Marilah kita bersiap untuk perkembangan mobile web app yang mengusung progrsive web apps, buat domainesia juga dibikinlah platform yang mendukung dan mewadahi Progresive web apps ini,  kita tunggu seperti apa nanti perkembanganya.

Belum ada Komentar untuk "Think Progresive Web Apps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel